Kamis, 05 Februari 2009

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DI S

ABSTRAK

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IX-B di SMP Negeri 1 Srandakan.
Tindakan guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika, yaitu menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2008, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 22 Nopember 2008, dan Siklus III dilaksanakan pada tanggal 28 Nopember 2008. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Srandakan Bantul. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas IX-B semester 1 tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 40 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil apabila ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata motivasi belajar matematika dan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata tes hasil belajar dengan nilai rata-rata tes minimal 80. Instrumen yang disusun berupa tes, lembar observasi, dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas IX-B SMP Negeri 1 Srandakan menjadi meningkat. Berdasarkan hasil angket terjadi peningkatan rata-rata skor motivasi belajar matematika sebesar 10,375, dari 72,5 sebelum adanya tindakan menjadi 82,875 pada siklus 3. Hasil belajar matematika siswa Kelas IX-B SMP Negeri 1 Srandakan menjadi meningkat. Berdasarkan hasil Tes Hasil Belajar terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 35, dari 62 sebelum adanya tindakan menjadi 97 pada siklus 3.

Kata kunci : Model Pembelajaran Tipe TAI, Motivasi, Hasil belajar

Tidak ada komentar: