Sabtu, 29 November 2008

Hidup adalah Perjuangan
Mau Hidup Harus Berani Berjuang

4 komentar:

Dr. Marsigit, M.A mengatakan...

Selamat pak Sugiyanta. Semoga blog Bapak dapat bermanfaat bagi pengabdian mendidik siswa-siswi. Tidak hanya itu, juga bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa, syukur-syukur bisa sampai level internasional. Amien. (Marsigit).

Mulyati mengatakan...

Saya tunggu posting tentang pengalaman mengajar di sekolah Pak Gik yang lain. Selamat berkarya ...

MATHSUGIYANTA mengatakan...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Nama Sekolah : SMPN 1 SRANDAKAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi : STATISTIKA
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Kompetensi dasar :
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
Indikator :
1. Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 pertemuan)
B. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah melakukan diskusi dengan kelompoknya siswa mampu menghitung rata-rata data tunggal dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi dengan kelompoknya siswa mampu menentukan median data tunggal dengan benar.
3. Setelah melakukan diskusi dengan kelompoknya siswa mampu menentukan modus data tunggal dengan benar.
C. Materi pembelajaran :
Statistika
D. Metode dan Model Pembelajaran :
1. Metode : Diskusi Kelompok, Penugasan dan Tanya Jawab
2. Pendekatan : Kooperatif Tipe Team Game Turnamen (TGT)
E. Langkah-Langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Waktu
1. PENDAHULUAN :
a. Guru mengingatkan kembali kegunaan menghitung rata-rata, median dan modus dalam kehidupan sehari-hari.
b. Guru menyampaikan tujuan dan hasil yang akan dicapai dalam pembelajaran.
c. Guru memberikan penjelasan aturan permainan pada model pembelajaran Team Game Turnamen 10 menit
2. INTI :
a. Siswa menempatkan diri pada meja turnamen
b. Dalam meja turnamen siswa melakukan Turnamen
c. Siswa menghitung skor turnamen
d. Siswa menuliskan skor turnamen pada lembar skor permainan
e. Guru memberikan penghargaan pada kelompok berdasarkan perolahan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis.
5 menit
45 menit

5 menit
5 menit
5 menit
3 PENUTUP
a. Secara acak siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya mengenai pengalaman belajar selama melakukan turnamen 5 menit
F. Sumber/Bahan dan Media Pembelajaran :
1. Lembar pembagian meja turnamen
2. Lembar permainan
3. Lembar jawaban
4. Lembar skor permainan
5. Kartu bernomor
G. Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk : Uraian
3. Soal :
Dari hasil perbaikan ulangan IPA 15 siswa diperoleh nilai :
5, 7, 6, 8, 9, 6, 8, 6, 7, 8, 7, 5, 5, 8, 9
Dari data nilai tersebut tentukan :
1. Nilai rata-rata
2. Median
3. Modus
Mengetahui Srandakan, 15 Desember 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

yuliprast anthony mengatakan...

Salam sejahtera Pak, saya adalah alumni smp n srandakan angk. 84, saya temukan blog bapak ketika browsing tentang smp srandakan, saya bangga dengan Bapak sebagai mana saya bangga dengan smpn Srandakan yang telah menorehkan kenangan indah dalam hidup saya. Salam buat adik2 dan staf pengajar teeristimewa Bapak Sujadi. (Antonius Yuli Prasetyo)yuliprast@gmail.com